Selasa, 03 September 2019

QS ALI IMRON AYAT 56

BALASAN BAGI ORANG KAFIR

فَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَأُعَذِّبُهُمْ عَذَابًا شَدِيدًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَا لَهُم مِّن نَّاصِرِينَ

Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.

 Then as to those who disbelieve, I will chastise them with severe chastisement in this world and the hereafter, and they shall have no helpers.

Catatan tadabbur:

Pada ayat sebelumnya ditegaskan oleh Allah orang-orang yang beriman dan mengikuti Nabinya akan berada di atas orang-orang kafir yang menentang nabinya. Orang beriman berada di atas jalan yang lurus, sementara orang kafir dalam kesesatan. Orang berimanlah yang menang.

Adapun orang-orang kafir, dijelaskan dalam ayat ini,  mendapat murka Allah. Mereka diadzab di dunia dan di akhirat. Adzab di akhirat adalah adzab yang sudah pasti dirasakan oleh orang-orang kafir di neraka. Namun adzab di dunia banyak yang tidak disadari baik oleh yang bersangkutan atau oleh orang lain. Orang kafir pun banyak mendapatkan idtidraj berupa kesuksesan dunia. Firman Allah dalam QS 3:196-197,

 لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي الْبِلَادِ

Janganlah sekali-kali kamu terperdaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri.

 مَتَاعٌ قَلِيلٌ ثُمَّ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمِهَادُ

Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah Jahannam; dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya.

 Di akhirat, orang kafir tidak akan mendapatkan pertolongan dari siapapun yang akan membebaskan atau meringankan dari siksa neraka. Berbeda dengan orang beriman, yang beriman kepada Allah dan rasul-rasulNya, dan semua rukun iman itu, yang walaupun membawa beban dosa, masih mungkin mendapat pertolongan seperti dari syafaat Rasulullah dan doa orang-orang beriman.

Orang kafir tidak ada penolong bagi mereka.

Semoga kita Istiqomah dalam keimanan yang benar dan dalam ketaatan kepada Allah. Sehingga kembali menghadap Allah dengan husnul khatimah.

Wallahu a'lam. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERUNTUNGLAH YANG BERHATI MULIA

Tadabbur Al-Quran Surah Ali Imran, ayat 29: قُلْ إِن تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ وَيَعْلَمُ مَا فِي السَّ...