Senin, 06 Juli 2020

PERTOLONGAN ALLAH BAGI YANG MEMBELA AGAMANYA

Tadarus Surah al-Hajj ayat 40

 وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓۗ 

“.... Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. ....”

Di dalam penggalan ayat ini, Allah Subhanahu wata'ala menguatkan perintah untuk berjihad pada ayat ini dengan perintah dan janji.

Yang diperintahkan oleh Allah adalah agar orang-orang beriman membela agama Allah dengan melaksanakan perintah berjihad, memerangi musuh-musuh Allah, yakni orang-orang kafir yang senantiasa berusaha untuk menghancurkan kaum muslimin dan perkembangan dakwah Islam.

Yang dijanjikan oleh Allah adalah barangsiapa membela agama Allah, ia berhak mendapat pertolongan Allah berupa kemenangan di dunia dan pahala yang besar di Akhirat kelak.

Hal tersebut semakna dengan firman Allah di dalam Surah ar-Rum ayat 47:

وَلَقَدۡ أَرۡسَلۡنَا مِن قَبۡلِكَ رُسُلًا إِلَىٰ قَوۡمِهِمۡ فَجَآءُوهُم بِٱلۡبَيِّنَٰتِ فَٱنتَقَمۡنَا مِنَ ٱلَّذِينَ أَجۡرَمُوا۟ۖ وَكَانَ حَقًّا عَلَيۡنَا نَصۡرُ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ

“Dan sungguh, Kami telah mengutus sebelum engkau (Muhammad) beberapa orang rasul kepada kaumnya, mereka datang kepadanya dengan membawa keterangan-keterangan (yang cukup), lalu Kami melakukan pembalasan terhadap orang-orang yang berdosa. Dan merupakan hak Kami untuk menolong orang-orang yang beriman.”

Juga di dlm Surah Muhammad ayat 7:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرۡكُمۡ وَيُثَبِّتۡ أَقۡدَامَكُمۡ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

Semoga kita bisa membela agama Allah dengan peran yang kita lakukan dalam kehidupan kita. Semoga kita selalu dalam pertolongan Allah.

Wallahua'lam. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERUNTUNGLAH YANG BERHATI MULIA

Tadabbur Al-Quran Surah Ali Imran, ayat 29: قُلْ إِن تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ وَيَعْلَمُ مَا فِي السَّ...